Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban POST TEST PPG Guru Tertentu - Modul Prinsip Pengajaran Dan Asesmen di BK


POST TEST 1

SOAL NO 1
Anda diminta oleh Kepala Sekolah untuk menyelidiki kasus perkelahian beberapa peserta didik dengan peserta didik sekolah lain, melalui prosedur wawancara. Ada cukup banyak peserta didik yang harus Anda wawancarai di dalam kasus tersebut. Kepala sekolah hanya memberikan waktu satu minggu, padahal Anda juga sedang mengerjakan tugas-tugas lain yang sama pentingnya. Jika menemui situasi tersebut, apa yang akan Anda lakukan sebagai guru BK?
Jawaban : 
Mengajak guru lain untuk ikut membantu melakukan wawancara dengan mengadakan briefing terlebih dahulu

SOAL NO 2
Di awal tahun ajaran, Anda membagikan kuesioner untuk mengetahui kesiapan karir peserta didik. Ternyata masih banyak diantara mereka yang kebingungan dengan rencana karirnya. Anda akan melakukan bimbingan klasikal terkait hal ini, namun ragu apakah akan efektif karena beragamnya kondisi ketidaksiapan peserta didik. Apa yang akan Anda lakukan sebagai guru BK, ketika menemui situasi tersebut?
Jawaban :
Menetapkan materi bimbingan klasikal dengan mempertimbangkan keragaman peserta didik dan masukan guru kelas

SOAL NO 3
Seorang peserta didik mendatangi Anda di ruang BK. Ketika Anda menanyakan tentang permasalahan yang dihadapi, ia hanya menunduk sambil menangis. Sebagai konselor, Anda ingin membantunya, namun saat itu Anda memiliki tugas membuat laporan yang harus dikumpulkan dengan segera. Apa yang Anda lakukan bila menghadapi situasi seperti di atas?
Jawaban :
Menenangkannya sambil mencari rekan lain untuk membantu membuat laporan

SOAL NO 4
Anda mendapatkan laporan dari peserta didik bahwa ada teman-temannya yang melakukan perundungan. Anda sendiri tidak pernah melihat secara langsung, sehingga ingin melakukan penyelidikan terlebih dahulu. Di sisi lain, guru-guru mendesak Anda untuk segera mengambil tindakan. Sebagai guru BK di sekolah itu, apa prioritas tindakan yang Anda lakukan dalam menyelesaikan masalah tersebut?
Jawaban :
Mengajak guru-guru lain untuk ikut mengamati perilaku dan mewawancarai peserta didik

SOAL NO 5
Setelah pandemi banyak guru yang mengeluhkan tentang sikap peserta didik yang pasif dan kurang percaya diri saat di kelas. Selaku guru BK SMP tersebut, Anda sebenarnya sudah mencoba memanggil beberapa peserta didik yang dikeluhkan secara satu persatu, namun tidak tampak adanya perubahan. Anda berencana melakukan diskusi secara klasikal dengan mereka, namun merasa tidak yakin karena belum pernah memiliki pengalaman terkait hal itu sebelumnya. Tindakan apa yang Anda lakukan ketika mendapatkan masalah seperti kasus tersebut?
Jawaban :
Menyediakan beberapa kasus tentang remaja yang rendah diri untuk didiskusikan di kelompok kecil lalu dibahas di kelas besar

POST TEST 2
SOAL NO 1
Guru piket melaporkan bahwa ada salah satu peserta didik yang sering datang terlambat ke sekolah. Sebagai guru BK, Anda mengkhawatirkan kondisi ini dikarenakan peserta didik tersebut sudah berada di kelas 9. Sebenarnya Anda sudah pernah menegur peserta didik ini, namun belum ada perbaikan atas perilakunya. Bagaimana Anda mengambil sikap bila berada pada situasi ini?
Jawaban :
Mewawancara peserta didik dan memanggil orangtua untuk memahami latar belakang keluarganya

SOAL NO 2
Ketika memberikan materi tentang karir di kelas, secara tidak sengaja Anda menemukan informasi bahwa ada beberapa peserta didik yang melakukan tindakan melukai diri sendiri ketika tertekan. Anda menyadari bahwa fenomena itu merupakan salah satu isu kesehatan mental yang krusial. Di sisi lain, Anda sebenarnya belum memahami seberapa luas permasalahan itu terjadi. Jika Anda menjadi guru BK di sekolah tersebut dan menemui kasus serupa, apa tindakan Anda?
Jawaban :
Melakukan bimbingan klasikal dengan melibatkan brainstorming terlebih dahulu

SOAL NO 3
Beberapa orangtua menemui Anda dan menyampaikan bahwa putra-putri mereka mengalami adiksi game online sehingga tugas-tugas sekolah pun terbengkalai. Anda sebenarnya tidak begitu yakin apakah peserta didik yang dimaksud memang benar-benar sampai pada level adiksi atau belum, meski demikian Anda berencana menggunakan prosedur asesmen yang mungkin dapat membantu Anda memahami persoalan itu. Sebagai guru BK, bagaimana Anda menyikapi hal ini?
Jawaban :
Membuat pedoman observasi yang dapat digunakan orangtua, selain melakukan asesmen dengan kuesioner

SOAL NO 4
Sejak kelas 8 semester awal, Ana menunjukkan penurunan hasil belajar. Ketika Anda mengajak berbicara, Ana menyampaikan bahwa Anda tidak akan dapat membantunya karena permasalahannya sangat kompleks. Ana sangat tertutup dan enggan membahas hal tersebut, padahal Anda ingin membantunya. Sebagai konselor sekolah, apa tindakan Anda saat menghadapi situasi di atas?
Jawaban :
Terus melakukan pendekatan secara personal sambil bekerjasama dengan guru kelas

SOAL NO 5
Anda diminta untuk melakukan bimbingan klasikal dan menetapkan fokus materi yang akan dibahas. Kebetulan saat ini kasus bunuh diri di kalangan remaja semakin meningkat. Hal ini menjadi perhatian Anda yang merupakan guru BK di sebuah sekolah menengah. Anda tahu bahwa harus dilakukan tindakan preventif sebelum semakin banyak korban, namun Anda merasa tidak memiliki latar belakang keilmuan yang cukup tentang hal ini. Apa yang Anda lakukan?
Jawaban :
Berkonsultasi dengan psikolog sebagai dasar pembuatan materi

POST TEST 3

SOAL NO 1
Anda mengadakan need assessment untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik kelas 11 yang akan ujian akhir semester depan. Hasilnya menunjukkan bahwa sebagian besar memiliki motivasi belajar di bawah rata-rata. Anda ingin melakukan bimbingan klasikal terkait hal ini, namun guru-guru lain merasa bahwa bimbingan tentang karir lebih penting pada saat ini. Jika Anda adalah guru BK di sekolah itu, prioritas tindakan apa yang Anda ambil?
Jawaban :
Mengundang alumni yang telah berhasil untuk berdiskusi dengan peserta didik

SOAL NO 2
Budi, seorang peserta didik kelas 4, dikenal sebagai anak yang nakal dan suka mengganggu teman-temannya. Guru dan teman-temannya merasa resah dengan perilaku Budi. Sebagai guru BK, Anda merasa bahwa sebenarnya Budi adalah anak yang cerdas dan kreatif. Apa prioritas tindakan Anda jika menemui kasus tersebut?
Jawaban :
Menggali potensi Budi melalui instrumen kuesioner dan hasil observasi guru

SOAL NO 3
Andini sering terlibat perselisihan dengan teman-temannya di sekolah. Hal ini membuatnya tidak memiliki teman dan cenderung menyendiri. Anda bermaksud melakukan observasi di kelas namun khawatir hal tersebut justru membuat Andini tidak menunjukkan perilaku yang sesungguhnya. Sebagai guru BK, apa yang menjadi prioritas Anda pada situasi ini?
Jawaban :
Bekerjasama dengan guru kelas agar observasi tidak mengganggu proses di kelas

SOAL NO 4
Anda adalah guru BK di sebuah SD. Anda ingin memberikan materi pendidikan seksualitas untuk kelas 3, karena tahun ini ada cukup banyak peserta didik yang sudah mengalami menstruasi di kelas tersebut. Anda ragu-ragu apakah materi itu relevan karena materi yang sudah Anda miliki sebenarnya ditargetkan untuk perkembangan anak usia 11 tahun. Bagaimana tindakan Anda menyikapi hal ini?
Jawaban :
Berdiskusi dengan teman yang memahami psikologi perkembangan untuk menyesuaikan materi

SOAL NO 5
Didi adalah peserta didik yang baru pindah ke sekolah Anda. Anda mengamati bahwa ia cenderung menutup diri dan enggan bergabung dengan teman-temannya saat, sehingga ia agak kesulitan menyesuaikan diri. Anda pernah menanyakan tentang kesannya di sekolah yang baru dan ia menyampaikan hal-hal yang baik secara umum. Apa prioritas tindakan Anda selaku konselor sekolah?
Jawaban :
Berempati dan melakukan beberapa pertanyaan konfirmasi kepada Didi



Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban POST TEST PPG Guru Tertentu - Modul Prinsip Pengajaran Dan Asesmen di BK"